Sukses Bisnis Laundry? Ini Dia 8 Strategi untuk Mengawali Usaha Laundry dari Nol

  • Share

8 Strategi untuk Mengawali Usaha Laundry dari Nol – Beberapa tahun terakhir, bisnis laundry jadi bisnis yang digilai beberapa orang. Tidaklah aneh apabila pada akhirnya bisnis laundry ada, bahkan memasuki ke pelosok-pelosok daerah sempit.

Laundry juga ada dengan beragam penampilan. Dimulai dari ide yang simpel ala-ala rumahan, sampai yang menawarkan paket khusus dengan bermacam kelebihan.

Berangkat dari itu, bisnis laundry juga pada akhirnya dapat disebutkan sebagai bisnis yang paling ramah untuk pemula. Tetapi ingat! Sewajarnya bisnis secara umum, bisnis laundry masih tetap mempunyai resiko-resiko. Apa lagi kalau Kamu mengawali bisnis ini tanpa beberapa trik dan gagasan yang disusun dengan matang.

Nah, apa Kamu berminat untuk membuat bisnis laundry? Bila iya, baca 8 strategi bangun bisnis laundry yang dapat Kamu lakukan dari nol:

1. Ketahui Tentang Laundry

Semua bisnis memang seharusnya diawali dengan penghitungan yang panjang, termasuk memahami mengenai perincian informasinya. Begitupun untuk bisnis laundry, yang sudah pasti memerlukan banyak persiapan.

Pertama kali Kamu harus memutuskan jenis laundry apa yang hendak Kamu jalankan. Bila perlu melakukan analisa dengan menginterview beberapa orang yang telah lama bergelut di bisnis ini, dan melakukan persiapan. Kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, sistem layanannya, anggaran, sampai mempromosikan usahamu.

2. Kalkulasi Besaran Keperluan untuk Modal

Nah, apabila Kamu telah lakukan riset dengan optimal, maka semakin ringan buatmu untuk mempersiapkan modal. Sehingga besaran keperluan modal dapat Kamu kalkulasi dengan detail.

Ingat, bisnis laundry bukan sekedar mengenai mesin pencuci dan lokasi saja. Tetapi juga mengenai upah karyawan, kelengkapan sabun cuci dan pewangi, dan sebagainya.

Di saat modal bisa dihitung, maka kemudian Kamu dapat putuskan apakah cukup menggunakan dana pribadi atau perlu lakukan pinjaman di bank.

3. Pastikan Lokasi untuk Bisnis Laundry yang Tepat

Lokasi jadi aspek khusus dari sebuah bisnis . Maka, sebelum membuat bisnis laundry, sebaiknya Kamu lakukan riset mengenai sasaran pasar bisnismu. Siapakah yang akan datang ke laundry milikmu? Pastikan lokasi yang benar, lalu sesuaikan ide laundry-mu dengan sasaran pasar yang Kamu incar.

4. Perhatikan Pesaing yang Berada di Sekitar atau yang Mempunyai Ide yang Sama

Memperhatikan pesaing memang salah satu strategi tepat, sebagai langkah meningkatkan sebuah bisnis. Khususnya untuk bisnis laundry yang tidak lagi bisnis baru. Metodenya, perhatikan lingkungan disekitaran lokasi laundry yang telah Kamu bangun.

Bila ada pesaing, maknanya Kamu perlu lakukan kiat baru untuk kelihatan berbeda dan selalu diingat oleh customer.

5. Tentukan Harga Terbaik

Samakan harga layanan laundry dengan harga pasar yang berlaku. Apabila dari harga pasar tersebut Kamu masih dapat memperoleh keuntungan, jadi tidak ada salahnya Kamu ikut di harga itu. Tetapi, bila Kamu ingin menentukan harga yang lebih mahal, yakinkan Kamu menambah jenis layanan yang lebih baik dari pesaing yang ada.

6. Tentukan Standard untuk Layanan Pada Customer

Laundry rumahan atau laundry eksklusif, pasti sama mengalami banyak rintangan. Hingga, dibutuhkan ada standard yang bagus untuk sisi pelayanan.

Karena harga yang terjangkau bukan jaminan suatu bisnis laundry dicari orang. Kamu harus mendidik pegawai, umpamanya mengenai serba-serbi kain, simbol yang berada di balik pakaian dan yang lain. Supaya apabila ada komplain atau beberapa masalah yang terjadi, makin lebih mudah diselesaikan.

Misalkan, edukasi mengenai langkah membersihkan sesuai dengan jenis kain, menangani protes dari pelanggan secara baik, dan sebagainya.

7. Persiapkan Taktik untuk Marketing/Pemasaran

Ada banyak taktik marketing yang dapat Kamu lakukan, untuk memperkenalkan bisnis laundry-mu ke dunia luar. Langkahnya, ialah:

  • Membagi pamflet ke beberapa rumah disekitaran lokasi laundry
  • Buat akun sosial media khusus untuk laundry milikmu (janganlah lupa untuk selalu update postingannya, supaya makin banyak dilihat orang)
  • Lakukan kerja-sama dengan meng-endorse selebgram, untuk mempromokan laundry milikmu
  • Gunakan layanan online jenis Google My Business, yang bakal munculkan info mengenai laundry-mu di platform Google

8. Atur Keuangan dengan Baik

Terakhir, menjalankan bisnis laundry dengan sebaik-baiknya dengan mengatur keuangan bisnis yang ada. Maksudnya supaya Kamu selalu dapat mengawasi ke mana dana akan mengucur. Kemudian, membuka cabang laundry baru juga dapat menjadi tujuan selanjutnya.

Macam-macam Bisnis Laundry yang Ada Saat Ini

Apabila melihat di lapangan, banyak layanan laundry yang ditawarkan, misalkan :

  • Laundry dengan ide kiloan; untuk baju dan beberapa macam barang dari kain yang lain
  • Laundry dengan ide konvensional; untuk beberapa jenis kain tertentu
  • Laundry khusus sepatu; jasa membersihkan sepatu khususnya untuk sepatu-sepatu premium, dan jasa kembalikan sepatu jadi seperti baru kembali
  • Laundry untuk para pelaku bisnis; laundry dengan pelanggan yang datang dari lembaga atau badan usaha yang lain
  • Laundry untuk bisnis hotel; bekerja bersama dengan hotel dan memberi pelayanan yang sama dengan hotel itu
  • Laundry dengan ide express; jasa laundry yang memprioritaskan kecepatan

Serba-Serbi Bisnis Laundry

Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian sebelum Kamu memilih untuk buka bisnsi laundry terkait dengan kekurangan dan keunggulannya. Karena pada intinya setiap bisnis tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Apa saja itu?

Kelebihan dari Bisnis Laundry

  • Sesuai perkembangan zaman yang memerlukan kepraktisan
  • Tidak memerlukan kemampuan khusus, hingga siapa pun dapat membuat bisnis laundry
  • Bisnis dapat dijalankan di dalam rumah sendiri

Kelemahan pada Bisnis Laundry

Apabila ada kelebihan tentu ada kekurangan, walau begitu tidak berarti kekurangan itu akan menghalangi usahamu. Kalau Kamu cermat, kelemahan pada bisnis laundry bisa menjadi motivasi untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam menjalankan bisnis. Berikut sejumlah kekurangan bisnis laundry yang biasa terjadi :

  • Persaingan yang lumayan tinggi mengingat bisnis laundry telah dijalankan oleh kebanyakan orang
  • Sangatlah tergantung pada cuaca. Walau, saat ini lebih banyak laundry yang memakai mesin pengering dibandingkan matahari
  • Membutuhkan ruangan yang luas, untuk jalankan bisnis. Ruang untuk menempatkan mesin cuci, ruangan untuk menyetrika, ruangan untuk menjemur, dan yang lain

Alasan Orang Butuh Hadirnya Bisnis Laundry

Ada banyak argumen kenapa laundry ramai dicari oleh masyarakat, yaitu :

  • Sedikitnya waktu yang dimiliki oleh warga, terlampau sibuk dengan aktivitas kerja bahkan untuk membersihkan saja tidak sempat.
  • Dari segi kepraktisan, jasa laundry akan mempermudah warga yang memerlukan lebih banyak waktu senggang
  • Tidak seluruhnya jenis kain pada baju dapat dicuci asal-asalan. Karena ada laundry, akan ada layanan yang lebih handal dalam mengatasinya.

Dari argumen itu, bisnis jasa laundry banyak dilirik beberapa aktor bisnis.

Demikian strategi membuat bisnis laundry yang dapat Kamu lakukan dari 0, Apabila Kamu memerlukan modal tambahan untuk memulai menjalankan bisnis laundry, tidak boleh ragu untuk ajukan pinjaman ke bank. Selamat menjalankan bisnis!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *