Mengobati Sakit Kepala Sebelah Dengan Cara Alami, Mudah Dan Cepat

  • Whatsapp

Mengobati sakit kepala sebelah atau migrain dengan mengkonsumsi obat sakit kepala sembarangan yang dijual bebas di warung/toko, bukanlah cara yang aman dan direkomendasikan oleh Dokter. Karena pengobatan tersebut jika di lakukan dalam jangka waktu yang lama, justru menimbulkan efek buruk yang lebih serius pada penggunanya.

Sebenarnya sakit kepala sebelah merupakan keluhan yang umum dan sering kali melanda kebanyakan orang. Rutinitas yang padat, tugas yang menumpuk, kebanyakan duduk, sering mengkonsumsi makanan instan, dan kurang berolahraga adalah  gaya hidup yang berpotensi memicu penyakit ini.

Beberapa cara ampuh dan mudah mengobati sakit kepala sebelah secara alami, aman serta tanpa efek samping. Silahkan disimak.

1. Mengobati sakit kepala sebelah dengan mengompreskan es batu

Mengompres kepala dengan es bisa dibilang merupakan cara instan dan aman untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan sakit kepala sebelah. Walaupun metode ini lebih bersifat hanya mengurangi rasa sakit, tetapi cara ini bisa dibilang cukup ampuh, murah dan praktis untuk mengobati sakit kepala sebelah, karena hanya bermodalkan batu es dan kain.

Caranya adalah, bungkus sebongkah es batu atau es balok dalam handuk/kain yang cukup tebal. Setelah itu, gunakan untuk mengompres dibagian belakang leher dan sisi kepala yang terasa sakit karena migrain tersebut. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pengompresan sambil berbaring dengan mata tertutup.

Cara pengobatan menggunakan es batu ini, selain dengan mengompres kepala adalah dengan cara mencelupkan kedua tangan kedalam baskom yang telah di beri air es. Kemudian saat berada di dalam air, kepalkan kemudian buka telapak tangan, kepalkan lagi, buka lagi, ulangi hingga beberapa kali sampai keluhan sakit kepala sebelah sembuh atau berkurang.

2. Tidur didalam kamar yang gelap bisa mengurangi sakit kepala sebelah

Mengobati sakit kepala sebelah dengan tidur merupakan pertolongan pertama yang sering direkomendasikan oleh dokter. Karena apabila kurang istirahat saat mengalami sakit kepala sebelah, bisa mengakibatkan keluhan menjadi bertambah parah.

Jadi, tidur yang nyenyak dengan nyaman  dan suasana yang tenang minimal 8 jam sehari adalah wajib bagi Anda yang saat ini mengalami keluhan tersebut. Dan salah satu cara agar tidur bisa nyenyak dan nyaman adalah dengan tidur di tempat yang bebas dari silau cahaya atau berada ditempat yang gelap. Serta jauh dari suara-suara bising yang mengganggu.

Dalam tempat gelap panca indera menjadi lebih santai dalam bekerja. Indera penglihatan Anda tidak akan terlalu sibuk mengirimkan sinyal ke otak. Dan hal ini mengakibatkan rasa pusing lama kelamaan berkurang serta berangsur-angsur sakit kepala sebelah akan sembuh.


3. Mengobati sakit kepala sebelah dengan mengkonsumsi kafein

Banyak yang beranggapan bahwa kafein merupakan salah satu zat yang  menyebabkan terjadinya sakit kepala, baik itu sakit kepala sebelah kiri maupun sakit kepala sebelah kanan.

Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah, namun yang perlu di pahami, kafein hanya dapat berpotensi menyebabkan sakit kepala apabila terlalu banyak dalam mengkonsumsinya. Jadi saat Anda hanya mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit, kafein ini justru  berperan sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit, dalam hal ini adalah sakit kepala.

Jadi jika suatu saat nanti Anda merasakan keluhan pusing, cobalah minum secangkir kecil kopi hangat dan niscaya sakit kepala sebelah atau migraine akan sembuh.

Penelitian lain juga membuktikan, bahwa dengan meminum kopi setelah mengonsumsi aspirin atau iboprofen malah berdampak positif. Sebab obat-obatan tersebut justru dapat bekerja lebih efektif. Tetapi untuk hal ini, lebih baik dikonsultasikan dulu ke dokter Anda jika berniat mencobanya.

4. Makan yang teratur dapat membantu mengobati sakit kepala sebelah

Telat makan adalah salah satu penyebab timbulnya keluhan sakit kepala sebelah, terutama bagi Anda yang mempunyai riwayat tekanan darah rendah. Pada saat lapar, itu tandanya pasokan nutrisi  dalam tubuh  telah berkurang, jadi idealnya yang harus dilakukan adalah, segera makan.

Agar nutrisi yang berkurang tersebut terisi lagi. Tetapi kalau menunda makan, yang terjadi adalah tubuh mengalami kekurangan nutrisi dalam waktu yang cukup lama. Dan hal itu yang menyebabkan badan lemas, mata berkunang-kunang serta munculnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Terlebih untuk sarapan pagi. Bagi Anda yang memiliki kecenderungan terserang sakit kepala sebelah, baik kiri maupun kanan, sangat di sarankan selalu sarapan pagi, walaupun hanya dengan sepotong kecil roti.

5. Mengobati sakit kepala sebelah dengan mengkonsumsi kaldu ayam

Saya yakin hidangan satu ini banyak yang menyukainya. Dan ternyata, selain enak sekaligus bergizi, kaldu ayam ini juga sangat membantu dalam mengurangi efek-efek negatif yang disebabkan oleh sakit kepala sebelah.

Biasanya, jika keluhan migrain sudah mencapai titik tertentu atau agak parah, akan timbul perasaan ingin muntah. Nah, pada saat inilah Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi sup sayuran yang banyak mengandung kaldu ayam di dalamnya.

Karena selain dapat menghentikan rasa mual serta ingin muntah,  kaldu ayam juga berperan dalam  mengganti cairan yang terbuang, saat  penderita mengalami muntah. Dalam kaldu ayam, selain mengandung banyak kalsium, juga memiliki kandungan gizi yang berkhasiat menetralisir efek dari sakit kepala sebelah.


6. Pemijatan yang tepat dapat membantu mengobati sakit kepala sebelah

Pijat adalah metode penyembuhan yang sudah lama dikenal dan telah diajarkan secara turun-temurun oleh orangtua dan nenek moyang kita. Metode utama dari pijat adalah dengan menekan titik-titik tertentu pada bagian tubuh untuk memperlancar aliran darah pada titik tersebut ke titik lain di seluruh tubuh.

Jika ada bagian tubuh yang aliran darahnya tidak lancar, biasanya akan memicu keluhan rasa sakit, salah satunya seperti migrain.

7. Konsumsi makanan tinggi kalsium juga bisa membantu menyembuhkan sakit kepala sebelah.

Kalsium bisa Anda dapatkan dari bahan alami, yaitu berasal dari makanan yang kaya akan kalsium.  Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium adalah, sayuran hijau (seperti kangkung dan bayam), daging, hati ayam serta ikan.

Selain dari bahan alami, kalsium juga bisa didapat dari produk buatan misalnya suplemen yang banyak diperjualbelikan di apotek atau toko obat. Tetapi tetap disarankan untuk mengkonsumsi kalsium alami yang terkandung dalam makanan karena pastinya lebih aman tanpa adanya bahan kimia.

Kalsium mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan tubuh, misalnya untuk melancarkan  peredaran darah atau membuat otot menjadi rileks. Jadi dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup, bisa membantu dalam menyembuhkan sakit kepala sebelah, yang mana salah satu penyebabnya adalah  otot kepala yang tegang dan peredaran darah yang kurang lancer.

Akan lebih bagus lagi jika kalsium dikonsumsi dengan makanan yang banyak mengandung magnesium alami. Misalnya buah tomat dan lada.


8. Mengobati sakit kepala sebelah dengan metode Akupuntur

Akupuntur adalah sebuah metode pengobatan yang berasal dari nenek moyang bangsa Cina. Tehnik pengobatan ini termasuk dalam kategori pengobatan alternatif, dan belakangan ini sudah cukup populer di tanah air kita, terbukti dari banyaknya klinik-klinik akupuntur di berbagai daerah termasuk di kota-kota besar di ibukota.

Tehnik pengobatan ini dilakukan dengan cara menusuk titik-titik tertentu di tubuh dengan jarum (jarum yang steril). Akupuntur dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, tanpa terkecuali sakit kepala sebelah atau migrain. Jadi jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah dan hingga saat ini belum kunjung sembuh, tidak ada salahnya mencoba pengobatan ini.

Karena pengobatan ini cenderung lebih aman dan tidak ada efek sampingnya. Tetapi sebaiknya sebelum berobat cari referensi dulu dan pastikan Anda berobat di klinik akupuntur yang dikelola oleh ahlinya yang sudah profesional dan telah memiliki lisensi serta jam terbang yang cukup.

Demikian diatas telah dibahas mengenangi cara mengobati sakit kepala sebelah secara alami, yang terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping. Setelah membaca, dan mengetahui berbagai cara pengobatan diatas hendaknya bisa lebih bijak dalam memilih obat sakit kepala sebelah sesuai dengan kondisi dan keluhan yang timbul, agar sakit yang diderita bisa lebih cepat sembuh dan tidak timbul efek buruk di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *