Mengenal Lebih Dekat Psikotes Kerja

  • Whatsapp

SumbuMedia.com – Selain proses wawancara kerja, salah satu hal yang memang menarik untuk dibahas yaitu psikotes kerja. Mengapa demikian? Karena banyak orang yang beranggapan kalau proses psikotes lah yang menyebabkan seseorang gagal dalam mendapatkan pekerjaan impian, dan untuk menghadapi tes psikotes sangatlah dibutuhkan persiapan yang maksimal.

Mungkin bagi sebagian orang proses tes psikotes merupakan satu bagian yang memang menjadi satu hal yang menakutkan bagi mereka untuk dilalui, atau bahkan minimalnya dapat membuat mereka para pelamar kerja bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan ketika menghadapi serangkaian tes ini.

Read More

Tangkapan Layar

Ketika anda telah mendapatkan panggilan untuk menjalankan serangkaian tes psikotes, akan banyak ragam respon yang nantinya akan keluar dari benak anda, mungkin juga anda akan sibuk dengan berburu sejumlah buku yang dapat membantu anda dalam menghadapi psikotes tersebut, atau malah anda banyak bertanya kepada orang-orang yang memang mereka pernah menjalankan serangkaian proses psikotes tersebut.

Dan satu pertanyaan dari kami, apakah anda memang perlu melakukan beberapa hal tersebut sebelum anda menghadapi proses psikotes? Dikarenakan jika anda memang telah benar-benar paham apa itu psikotes, maka anda tidak perlu ribet lagi dengan sejumlah ritual tersebut, namun anda harus lebih lagi mempersiapkan fisik anda serta mental agar anda bisa lebih merasa siap dengan proses tes psikotes yang memang akan dihadapi ini.

Perlu anda ketahui apa itu psikotes, psikotes merupakan tes yang nantinya akan digelar guna mengukur seberapa besar aspek yang dimiliki setiap individu secara psikis. Biasanya tes ini digelar ketika anda akan memasuki dunia kerja, selain tertulis, tes ini juga dapat berbentuk proyektif, atau pun berbentuk evaluasi secara verbal yang nantinya akan teradministrasi guna mengukur seberapa besar fungsi serta kemampuan kognitif yang dimiliki setiap orangnya serta mengukur emosional seseorang.

Psikotes sendiri memiliki tujuan yang memang baik, dan tujuan dari psikotes tersebut yaitu untuk mengukur berbagai macam bentuk kemampuan seseorang baik secara mental atau pun dari berbagai faktor yang memang sangat mendukungnya, termasuk kemampuan dan prestasi, kepribadian, serta intelegensi. Dan secara sederhananya psikotes adalah rangkaian beberapa kegiatan yang memang dilakukan untuk bertujuan mengetahui gambaran seseorang dimulai sari kemampuan kognitif, emosional, dan beberapa hal lainnya yang memang dapat mempengaruhi kecenderungan-kecenderungan tersebut.

Oleh karena itu, dalam proses tes psikotes kemampuan yang akan diukur yaitu hal yang berkaitan dengan IQ. Selain tes IQ yang akan dilakukan, tes lainnya yang berada di lingkupan tes psikotes yaitu tes kepribadian juga wawancara. Dari hasil integrasi tes tersebut, maka nantinya akan menghasilkan beberapa gambaran terkait dengan seseorang yang memang telah melakukan tes tersebut serta nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan yang memang tengah dibutuhkan oleh perusahaan.

Dan berikut ini beberapa tes yang akan diberikan saat tes psikotes.

  • Tes Intelegensi atau IQ test
  • Performance Test
  • Personality Test

Bagaimana? Apakah Anda sudah sedikit paham tentang tes psikotes kerja? Perbanyak membaca tentang dunia psikotes agar Anda lebih menguasainya lagi. Tetap semangat dan sukses untuk Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *