Lima Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Berat Badan

  • Whatsapp

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Selain dengan fitness dan diet, Anda juga dapat mengubah gaya hidup yang mendukung penurunan bobot tubuh. Apa saja? Simak artikel berikut.

Yang pertama, biasakan diri Anda untuk tetap bergerak. Ubah kebiasaan bermalas-malasan di sofa dengan olah raga ringan yang rutin setiap hari. Para ahli merekomendasikan 20-30 menit setiap hari untuk melakukan olah tubuh. Anda tidak harus mengunjungi pusat kebugaran. Berjalan-jalan ke taman atau sekitar rumah dapat menjadi alternatif yang mudah. Intinya, setidaknya Anda harus melakukan aktivitas untuk meningkatkan denyut jantung hingga 50-60%. Setelah berlatih fisik tentu Anda akan merasa lapar. Pada saat itu, sebaiknya konsumsi buah atau sayur dengan kandungan air yang tinggi. Anda bisa mencoba mentimun, seledri, atau smoothie hijau yang kaya serat.

Read More

Gaya hidup kedua adalah perbanyak minum. Oleh karena itu budayakan kebiasaan minum air. Budaya minum air ini kerap diabaikan, padahal air sangat penting untuk tubuh. Mulailah dengan membawa botol air kemanapun Anda beraktivitas. Bekal tersebut akan menyuplai kebutuhan cairan tubuh. Pilih wadah air yang dilengkapi pengukur sehingga Anda dapat mengira banyaknya air yang harus dibawa agar terhindar dari dehidrasi.

Jika sebelumnya Anda lebih menyukai makanan olahan yang praktis, segera ubah kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi makanan alami. Jadi gaya hidup ketiga adalah mengkonsumsi makanan segar dan alami. Fakta bahwa buah dan sayur segar baik untuk tubuh tampaknya diketahui oleh hampir setiap orang. Tetapi konsumen tetap kedua produk makanan tersebut justru tidak sebanyak yang diperkirakan. Mengkonsumsi makanan nabati adalah salah satu upaya untuk menjaga berat badan. Anda tidak harus beralih menjadi vegetarian. Cukup tambahkan jumlah makanan alami dan kurangi bahan makanan yang kaya lemak jahat dalam menu harian Anda.

Gaya hidup keempat yang mendukung program penurunan berat badan adalah mencintai makanan sehat. Makanan berlabel ’sehat’ sering diidentikan tidak enak serta tidak menimbulkan selera makan. Hal tersebut justru tidak benar. Banyak sekali tips menyajikan makanan sehat yang menarik sekaligus menggugah selera. Langkah pertama untuk memulai gaya hidup ini adalah dengan membuat daftar makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Buat juga daftar pilihan atau alternatif makanan sehingga Anda tidak akan merasa bosan hanya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan saja.

Terakhir, ubah cara pandang yang merugikan. Pikirkan manfaat yang akan diperoleh jika Anda menerapkan pola hidup sehat, keuntungan jika memiliki bobot ideal, serta berbagai pemikiran positif lainnya. Jangan menganggap usaha penurunan berat badan sebagai proses yang berat dan menyakitkan. Pikirkan hasil serta keuntungan yang lebih baik dari proses tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal fokus dan konsisten terhadap program serta kebiasaan baik yang tengah dijalani.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *