5 Cara Memperbaiki Kursor Laptop Hilang Pada Windows 7, 8, dan 10

  • Share

Rasanya tidak nyaman sekali jika mendadak kursor menghilang di laptop. Padahal, deadline telah mendesak dan file masih disimpan dalam memory laptop. Bagaimana ya cara munculkan kursor yang hilang pada Windows?

Umumnya, kursor hilang terjadi saat kamu mulai menghidupkan laptop atau pc pertama kali. Monitor Windows tidak sanggup memunculkan kursor hingga kamu kesusahan untuk mengolah data.

Saat ini kamu tidak perlu kebingungan, gaes. Soalnya, Kita sudah mengetahui bagaimana cara memunculkan kursor laptop yang hilang, nih.

Ingin tahu caranya? Yok, baca penjelasan dari sumbumedia ini untuk tampilkan kursor yang hilang pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 berikut!

Penyebab Kursor Hilang

Tiap ada asap tentu ada api yang mengikuti, gaes. Masalah ini berlaku buat kursor yang tidak ada di laptop kamu.

Nach, buat laptop yang membawa Windows, kamu bisa juga ketahui beberapa penyebab yang kerap terkait dengan kursor hilang di bawah ini.

1. Driver mouse kamu sedang memiliki masalah.

2. Laptop nge-hang karena sistem memiliki masalah.

3. Mouse tidak bisa respon dari sistem.

4. Touch Pad tidak memiliki fungsi.

Kemungkinan kamu akan mendapati penyebab lain berkaitan permasalahan kursor hilang. Kita cuma menyebutkan ke-4 persoalan di atas karena kerapkali dijumpai.

Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang

Tiap pemecahan permasalahan tentu ada urutannya, gaes. Begitu pula untuk menangani kursor hilang di Windows.

Kali ini kita akan memberi penanganan kursor yang menghilang dimulai dari cara paling simpel sampai cara yang perlu perlakuan khusus pada laptop.

Yok, baca sampai usai dan tentukan cara yang menurutmu paling efisien untuk memperbaik kursor hilang di laptopmu!

Lakukan Restrart pada Laptop

Ada kemungkinan jika kursor tidak dapat teridentifikasi saat sistem di laptop kamu tidak memberi respon. Cara simpel untuk menyegarkan sistem dengan me-restart laptop atau pc kamu.

Terkait kursor kamu sedang tidak berfungsi, karena itu kamu harus memakai tombol keyboard. Kamu tinggal pilih cara restart laptop yang telah  dipersiapkan berikut ini.

  1. Pencet tombol Alt+F4.
  2. Pencet tombol Power sampai laptop mati

Kami merekomendasikan kamu untuk memakai cara nomor 1 lebih dahulu. Seumpama tidak memungkinkan, baru kamu pakai cara nomor 2.

Buka Kunci TouchPad

Untuk laptop keluaran terkini, umumnya telah dilengkapi tombol pengunci touch pad. Letaknya terdapat pada sisi touch pad atau tombol keyboard dengan simbol touch pad.

Kamu cukup cari letak tombol itu. Atau, kamu bisa juga memakai tombol keyboard untuk aktifkan touch pad melalui beberapa langkah di bawah ini.

  • Check tombol F1 sampai F12 untuk cari simbol touch pad.
  • Pencet tombol touch pad+FN.
  • Cek kembali kursor di laptop.
  • Cek Keadaan Mouse

Untuk mouse sekarang ini telah dilengkapi dengan bluetooth hingga kamu tak perlu ribet memakai colokan USB. Namun, jika terjadi kursor hilang, maka kemungkinan fungsi bluetooth pada mouse memiliki masalah.

Sedangkan, pada kursor yang tidak berfungsi saat memakai mouse USB, kemungkinan ada jaringan yang terputus pada kabel atau soket.

Jalan keluarnya, kamu dapat menukarnya dengan mouse baru. Kemudian, kamu dapat lakukan periksa ulang kursor.

Update Driver TouchPad atau Mouse

Tipe touch pad punyai peranan yang lain sama sesuai merk dan seri laptop yang kamu membeli. Karena itu, mengupdate driver pada touch pad akan memerlukan tipe driver yang lain.

Untuk cari tahu tipe touch pad di netbookmu, kamu tinggal googling merk dan seri laptop saja. Kemudian, kamu tinggal masuk ke web resmi sesuai merk laptop yang kamu pakai.

Di situ, kamu akan melihat tipe touch pad yang sesuai Windows yang dipakai di laptopmu. Ambil saja driver yang sesuai seri Windows (Windows 7, 8, atau 10) yang kamu gunakan dengan klik icon download.

Setelah itu, kamu tinggal lakukan reinstall driver dengan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Membuka menu RUN dengan memencet tombol Windows+R.
  2. Tulis devmgmt.msc, selanjutnya tekan tombol Enter.
  3. Membuka menu Mice and orther pointing devices dengan memencet tombol Tab, selanjutnya pakai tombol Panah untuk mengarahkan.
  4. Pencet tombol Enter dalam menu compliant mouse.
  5. Sesudah tab terbuka, pencet tombol Update Driver.
  6. Nantikan sesaat, lalu restart laptop.

Sehabis kamu selasai kerjakan restart pada laptop, periksa kembali apa kursor telah ada secara normal. Nach, jika sudah normal, itu pertanda persoalan kursor ada di driver-nya.

Membawa Laptop ke Servis Center

Jalan keluar paling akhir yang seumpama beberapa cara di atas tidak dapat menangani permasalahan kursor hilang dengan minta bantuan servis center resmi sesuai merk laptop kamu.

Mungkin sistem komputer yang terkait dengan fungsi mouse alami kerusakan. Ini menjadi bagian khusus buat para profesional di servis center untuk menolong kamu.

Akhir Kata

Mudah-mudahan panduan untuk memunculkan kursor kembali dari artikel singkat ini dapat menangani masalah kursor hilang pada laptopmu. Selalu menggunakan laptop sesuai buku manual dapat menghindari kerusakan lebih awal ya, gaes.

Gak boleh lupas kasih tahu teman-teman jika alami hal sama dengan kamu dengan cara sharing artikel mengenai permasalahan laptop ini.

Mudah-mudahan kursor di laptopmu normal kembali!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *