Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Untung Besar Modal Kecil

  • Share

Saat anak-anak masih kecil dan tidak dapat ditinggalkan, ibu rumah tangga umumnya tidak mengerjakan perihal lain di luar peranannya sebagai ibu. Tetapi, tidak sama saat anak-anak mulai besar, maka ibu akan mulai mempunyai waktu senggang. Daripada menghabiskannya dengan diam diri, tidak ada salahnya, lho, bila Kamu mulai menjalankan bisnis.

Yok, coba 10 ide usaha untuk ibu rumah tangga, supaya Kamu bisa tetap punya daya.

1. Jadi Dropshiper atau Reseller

Dropshiper maknanya jadi mediator untuk penyuplai barang dan pembeli pada proses jual-beli online. Promokan produk ke sosial media dan platform yang lain. Semua masalah pengepakan dan pengangkutan produk ke pembeli, jadi tanggung-jawab dari penyuplai. Keuntungan yang dapat Diambil ialah selisih dari harga penyuplai dan nilai jual yang Kamu tentukan.

Reseller beli produk yang dipasarkan penyuplai, lalu dipasarkan kembali pada harga yang ditetapkan sendiri. Tetapi ingat, harga yang ditentukan seharusnya tidak boleh terlalu tinggi dibandingkan harga grosir dari penyuplai, ya. Yap, usaha jadi reseller ini nyatanya memerlukan modal yang kecil, lho. Hingga cocok jadi pekerjaan sambilan oleh ibu rumah tangga.

2. Jadi youtuber: Membuat channel masak-memasak

Sebenarnya pekerjaan masak-memasak para ibu rumah tangga sehari-hari di rumah bisa saja sebagai sumber pendapatan yang besar lho! Bikinlah youtube channel dan rekam video masak memasak kamu, sharing resep-resep makanan nikmat yang banyak dicari orang. Jika telah banyak yang menonton kanal youtube Kamu, Kamu dapat menghasilkan uang dari iklan atau endorse dari beberapa produk yang ingin bekerja bersama denganmu.

3. Agen Pembayaran (PPOB)

Nah, usaha ini dapat Kamu coba karena cukup menjanjikan. Kamu cukup buka loket di dalam rumah, untuk tangani pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran kendaraan motor, dan yang lain sekaligus di satu tempat. Praktis, kan? Usaha ini juga akan menolong bagi warga perumahan, yang umumnya memerlukan kepraktisan.

4. Tanaman Hias

Hingga saat ini, euforia adopsi tanaman hias masih hits dimana-mana. Gunakan moment ini dengan usaha jualan tanaman hias di rumah. Bagikan beberapa foto tanaman hias yang Kamu jual di sosial media, dan terapkan penjualan dengan mekanisme pengangkutan (pengantar/ojek online), supaya makin dicari orang.

5. Kue Kering atau Dessert Box

Coba dech, buat kue-kue kering atau dessert box yang sekarang ini sedang hits. Buat akun sosial media yang khusus mempromokan jualanmu. Jual kue-kue kering dengan sistem penjualan biasa, atau dikreasikan sebagai hampers. Untuk dessert box, dapat Kamu jual dengan sistem open Pre Order. Menarik, kan?

6. Frozen Food

Beberapa orang beralih jadi penjual frozen food. Sebagai ibu rumah tangga pun, usaha ini menarik untuk dicoba. Kamu cukup sediakan almari pendingin untuk penyimpanan, lalu promokan jualanmu di sosial media.

7. Toko Kelontong Online

Jaman makin modern dan Kamu juga dapat buka toko kelontong lewat cara online. Beberapa barang jualanmu dapat Kamu taruh dalam rumah, dan dipasarkan lewat media sosialmu. Photo barang, masukkan caption dengan info harga, lalu unggah.

8. Admin Akun Media Sosial

Untuk ibu rumah tangga, jadi admin akun sosial media ialah pekerjaan yang lumayan mudah dilaksanakan. Kamu perlu photo produk dari perusahaan sebagai client, mengikutkan caption, menjawab komentar follower, dan lain-lain.

9. Jual aksesoris wanita

Aksesoris wanita adalah produk yang terlaris di e-commerce karena permintaannya yang konstan. Beberapa wanita biasanya akan memakai aksesoris saat pergi sekolah, kuliah, kerja dan jalan-jalan. Dengan modal yang tidak begitu besar, kamu dapat coba jualan aksesoris wanita lewat cara online, siapa yang tahu laris karena permintaan pasarnya yang besar.

10. Penulis Content

Tidak boleh menyia-nyiakan talenta menulismu, dan coba jadi penulis content. Masuk dan mendaftarkan saja ke website untuk freelancer, misalkan Sribulancer, UpWork, dan sebagainya. Di situ, Kamu akan terhubung dengan client yang memerlukan jasa menulismu. Talenta tersalurkan, penghasilan akan tiba.

Berikut 20 ide usaha yang lain dapat kamu coba:

11. Usaha menjahit

12. Usaha kerajinan tangan: seperti jual hiasan rumah: macrame, poster aesthetic, pot bunga dan yang lain

13. Mengajar bimbel

14. Jadi asisten virtual

15. Usaha laundry

16. Jasa rias/ make-up artist

17. Usaha daycare / penitipan anak

18. Jual produk skin care

19. Jasa penitipan perawatan hewan

20. Jual sepatu bayi dan anak

21. Berjualan jilbab

22. Jual pakaian tidur

23 Membuka usaha warteg

24. Membuka usaha jual mie ayam dan bakso

25. Membuka usaha jual pecel lele

Yok, coba salah satu referensi usaha di atas, yang dapat dikerjakan sekalian mengurusi rumah dan anak. Selamat mempraktikkan!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *