Apa Sih Jadinya Jika Tidak Ada Hutan di Dunia?

  • Whatsapp
Tangkapan Layar

Sumbu Media – Apa sih jadinya jika tidak ada hutan di dunia ini? Dari kecil kita selalu dengar hutan dinamain paru-paru dunia. Selain buat nafas hutan juga jadi rumah buat segala jenis binatang-binatang lucu dan langka. Dan pastinya gak cuma itu tapi berbagai hasil dari hutan juga bermanfaat untuk seharian kita.

Seberapa penting sih hutan buat kita? Lalu apa jadinya kalau suatu hari tidak ada hutan di dunia ini?

Satu hal yang jelas kalau tidak ada hutan, mungkin kita nggak bisa lagi foto-foto cantik diantara pepohonan buat media sosial. Udah gitu nggak bisa juga nonton acara TV yang host nya suka nemenin ular di tengah hutan (hehehe).

Itu baru sebagian kecilnya saja, karena nyatanya bakal ngaruh ke lingkungan dunia. Sekitar 80% binatang dan tumbuh-tumbuhan di daratan bumi bakalan terancam punah. Siklus hujan jadi kacau dan dunia tambah panas, air bersih menghilang, dan pastinya nafas kita semua jadi lebih sesak karena hutan ngasilin udara bersih untuk kita bisa bernafas.

Tapi apakah kita masih bisa bertahan di kondisi kayak begini?

Ngelihat fakta kalau hutan itu nyatanya deket banget sama kehidupan kita, maka jawabannya hampir nggak mungkin dan kalau ternyata bisa pun kehidupan bakal jauh berubah. Ya hidup tanpa hutan ibarat ikan tanpa air, saking pentingnya hutan ini buat kita semua.

Bahkan negara enggak punya hutan seperti kataraja bela-belain mau bikin hutannya sendiri.

Mungkin kita bisa dibilang beruntung karena Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan yang terbesar di dunia. Tapi nyatanya ada juga ancaman tersembunyi yang lebih nunggu kita dari tahun ke tahun hutan di Indonesia terus berkurang. Dan bayangin hampir semua kebakaran hutan itu terjadi karena sengaja dibakar dan gambut dikeringkan sama perusahaan rakus yang pengen membuka lahan 🙁 Sedih ya….

Di tahun 2015 dan 2019 kemarin aja kalau ditotal udah ada hutan dan lahan seluas tujuh pulau Bali yang kebakar, gila bingits Guys.

Kebakaran itu bikin jutaan orang sakit pernapasan dan ratusan ribu diantaranya meninggal. Sekaligus mengancam hewan-hewan khas daerah Indonesia ini pun jadi ikut lenyap, bahkan juga menyebabkan kerugian sampai 300 trilyun rupiah. Uang yang cukup ngebiayain 100.000 orang pelajar terbaik kita untuk kuliah gratis di Harvard.

Andai kita enggak pernah bakar hutan, mungkin aja Indonesia udah jadi negara maju yang cemerlang.

Dan masalah hutan yang makin botak ini enggak cuma di Indonesia. Di seluruh dunia pun tiap tahunnya ada 15.000.000.000 pohon yang ditebang. Kalau penebangan dan pembakaran ini enggak langsung kita ubah, 200 tahun lagi semua pohon di bumi bakalan habis gitu aja.

Jadi mungkin sekilas kelihatannya masa depan emang suram. Namun sebenernya kita masih punya harapan buat ngejaga hutan ini. Kita mesti gotong-royong buat ngejalanin berbagai solusi untuk nyegah api biar enggak lahap hutan kita lagi. Dengan membeli produk yang berasal dari hutan yang diperoleh dengan cara baik pun kita udah ikut membantu

Dan pastinya yang bisa kita lakuin adalah nyebarin info tentang ini dan bikin banyak orang makin sadar bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Share artikel ini ke teman-teman kalian, agar kita lebih cepat sadar bahayanya Jika Tidak Ada Hutan di Dunia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *